Jakarta l Badilag.net

Para pejabat dan pegawai Ditjen Badilag berkunjung ke rumah almarhum Drs. H. Azhari, S.H., M.Si di Depok, Selasa (8/12/2015) sore ini. Tujuannya untuk bersilaturrahmi sekaligus mengadakan doa bersama.

“Kita sangat kehilangan orang yang ahli keuangan sekaliber beliau. Saya minta kita semua bisa hadir,” kata Dirjen Badilag Drs. H. Abdul Manaf, M.H. saat memimpin rapat koordinasi di Badilag, pekan lalu.

Pak Azhari menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Badilag sebelum meninggal dunia pada usia 55 tahun, ketika mengadakan kunjungan kerja ke Malang, Ahad (22/11/2015).

Pak Dirjen mengenang, dua hari berturut-turut sebelumnya, dirinya sempat bertemu dan bercakap-cakap dengan Pak Azhari.

“Saya hari Kamis masih ketemu beliau di lantai 7 (Gedung Sekretariat MA—red). Hari Jumat juga ketemu. Kami bicara soal pencairan anggaran, kaitannya soal anggaran mutasi. Beliau menjelaskan dengan begitu rincinya. Itu artinya, beliau ini memang orang yang begitu dedikatif,” ujarnya.

Jika menilik waktu, interaksi Pak Dirjen dengan Pak Azhari dapat dikatakan belum lama. Pak Azhari berkarir di Direktorat Pembinaan Peradilan Agama Depag dan kemudian di Ditjen Badilag MA sejak 33 tahun silam. Sementara itu, Pak Dirjen baru berkiprah di Badilag selama setahun.

Pak Dirjen mengaku mendapat banyak cerita mengenai perjalanan karir dan kiprah Pak Azhari saat menghadiri pemakaman almarhum. Cerita-cerita positif itu disampaikan mantan pejabat Depag Drs. H. Kadi Sastrowirjono dan mantan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Badilag Drs. H. Zuffran Sabrie, S.H., M.H.

“Pas pulang, saya bareng Pak Kadi. Dalam perjalanan itu, hampir setengah episode, Pak Kadi bicara tentang beliau (Pak Azhari—red) saat mulai berkarya di bidang keuangan,” ungkapnya.

Dari situ, Pak Dirjen berkesimpulan bahwa Pak Azhari adalah sosok yang punya keahlian dalam mengelola keuangan dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk Badilag dan peradilan agama.

Kepala Bagian Umum Badilag Arief Gunawansyah, S.H., M.H. mengatakan, selepas mengadakan doa bersama di rumah Pak Azhari, pada malam harinya para pejabat Badilag akan menghadiri peringatan 40 hari wafatnya mantan Wakil Ketua MA Drs. H. Taufiq, S.H.

[hermansyah]