Website Resmi | Pengadilan Agama Sintang, 

Pontianak | www.pta-pontianak

Seusai acara pisah sambut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Barat, Drs. M. Taufiq H.Z., M.HI langsung melakukan rapat koordinasi dengan para Hakim Tinggi, Pimpinan dan Hakim PA Se Kalimantan Barat serta Pejabat Struktural Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Barat.

Sebelum memulai acara rakor, Drs. M. Taufiq H.Z., M.HI meminta kepada para peserta rakor yang hadir untuk memperkenalkan diri satu persatu. Perkenalan diri tersebut dimulai dari Hakim Tinggi lalu dilanjutkan dengan Ketua, Wakil Ketua, Hakim serta Panitera dan Sekretaris PA.

Menurut Ketua, semua yang hadir disini berasal dari berbagai daerah yang berbeda dan pernah bertugas di berbagai daerah pula. Maka dari itu perlu banyak diadakan diskusi baik secara langsung maupun melalui media komunikasi seperti WhatApps, agar ada satu kesepahaman. Beliau sudah berbincang banyak dengan Drs. H. Bahrussam Yunus, SH.,MH. (Ketua PTA Kalimantan Barat-sebelumnya) mengenai apa-apa yang telah dilakukan selama ini. Beliau akan berusaha meneruskan dan memberikan dukungan terhadap inovasi yang telah dilakukan.

Namun beliau berpesan agar Hakim Tinggi dan Pimpinan di PA untuk selalu memberikan pembinaan dan pengawasan dalam peningkatan kinerja. Beliau yakin selama ini hal itu telah dilakukan, cuma memang tindak lanjut dan evaluasi yang masih belum maksimal.

Sewaktu Drs. M. Taufiq H.Z., M.HI menjabat sebagai Wakil Ketua PTA Surabaya, beliau fokus di pengawasan. Banyak sekali temuan yang beliau temukan, khususnya di keperkaraan. Karena semakin banyak temuan di salah satu Pengadilan Agama, itu salah satu faktor dari lemahnya pengawasan dari Pimpinan.

Beliau mengingatkan kepada Pimpinan di PA untuk selalu mengingatkan bawahannya sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung yang mengharuskan melakukan pembinaan dan pengawasan secara berjenjang. Laksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dibuat karena itulah inti dari sebuah pelayanan prima. (Roni)