setelah melalui Asesment eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)   pada tanggal 14-15 Nopember 2018, oleh Tim Penilai Eksternal  yang beranggotakan, Naffi, S.Ag selaku Lead Assesor, Dr. Didi Kusnadi, M.Ag  dan Abd. Muttalib selaku Pendamping, PA. Sintang   rampung lakukan perbaikan-perbaikan.  Hasil perbaikan-perbaikan tersebut sesuai dengan kontrak kinerja tentang tindak lanjut  Hasil Assesmen Surveilance pertama yang telah di tanda tangani dengan batas waktu 1 (satu) bulan. Selanjutnya hasil Perbaikan-perbaikan tersebut dilaporkan secara Formal kepada Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI disertai dengan bukti pendukung

Menanggapi hal tersebut, Ketua APM Pengadilan Agama Sintang menyatakan Pengadilan Agama Sintang secara intens  menggelar rapat Tinjauan Manajemen sebanyak dua kali pada tanggal 23 Nopember 2018  dan Pada tanggal 30 Nopember 2018, membahas tentang target dan waktu penyelesaian hasil Asesment eksternal.  Lebih lanjut Hakim  yang akan di mutasi ke Pengadilan Agama Kota Bumi ini menyampaikan seluruh Tim APM PA. Sintang telah berupaya semaksimal mungkin dan saling bahu membahu menyelesaikan perbaikan tersebut.

Ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag menyatakan PA. Sintang berkomitmen dan konsiten mengimplementasikan, Memelihara secara berkesinambungan baik Sistem maupun Performa Kinerja sesuai dengan Standarisasi Akreditasi Penjaminan Mutu yang telah ditetapkan. “Salah satu bentuk komitmen dan konsisten tersebut yaitu adanya keseriusan dalam melaksanakan perbaikan-perbaikan Tindak Lanjut Perbaikan Hasil Assesmen Surveilance” ujar Rukayah, S.Ag. Terakhir Rukayah, S.Ag mengapresiasi Tim APM Pengadilan Agama Sintang yang telah tepat waktu melaksanakan perbaikan sesuai dengan kontrak kinerja yang telah ditandatangani. (Jamil)