Transparansi dalam Perencanaan dan Pengelolaan  Anggaran merupakan suatu hal yang prinsip untuk dilaksanakan bagi Kementerian, Lembaga dan Instansi Pemerintah. Sejalan dengan Prinsip tersebut Pengadilan Agama Sintang mengadakan rapat Pembahasan Rencana Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 dan Perencanaan Penyusunan Angaran Tahun 2020 (14/12). Rapat di pimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag di damping oleh Sekretaris, Hendra Tirtana, SH.I.,MA dan Panitera, Rina Dewi Sayanti, SH dan di hadiri oleh Hakim, Pejabat Fungsional dan struktural.

Pada kata sambutannya, Rukayah, S.Ag menyampaikan Rapat Pembahasan Rencana Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 dan Perencanaan Penyusunan Angaran Tahun 2020 sangat penting untuk dilaksanakan dikarenakan sejalan dengan misi Pengadilan Agama Sintang yaitu Terwujudnya Proses Peradilan yang Pasti, Transparan dan Akuntabel.  Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyatakan dengan adanya rapat tersebut seluruh unsur mengetahui dan ikut mengawasi maupun memberikan sumbangsih saran dan masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja di bidangan Perencanaan dan Pengelolaan Anggaran.

Pembahasan Rencana Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 disampaikan oleh Sekretaris Pengadillan Agama Sintang, Hendra Tirtana, SH.I.,MA. Menurut Pria kelahiran Pontianak, 02 Agustus 1982 ini menyampaikan rapat Pembahasan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 dilaksanakan sehubungan dengan telah terbitnya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019 dengan komposisi Belanja Pegawai (51) sebesar Rp. 2.559.716.000,- Belanaja Operasional (52) sebesar Rp. 674.941.000, Belanja Non Operasional sebesar Rp. 7.294.000 dan Belanja Modal (53)  sebesar 12.500.000. Lebih lanjut ia menyatakan salah satu urgensi rapat untuk menyamakan pendapat tentang skala prioritas dalam pelaksanaan Anggaran. Setelah  menyampaikan detil Rincian Rencana Kerja Anggaran 2019, Hendra Tirtana, SH.I.,MA mempersilahkan peserta rapat untuk memberikan masukan dan saran dalam rencana Pelaksanaan Anggaran. Terdapat beberapa peserta yang hadir memberikan masukan diantaranya prioritas perawatan pemeliharaan gedung berupa pengecetan dinding dan plafon maupun penataan ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan  Perencanaan Penyusunan Kebutuhan Rencana Kerja Anggaran Tahun 2020 disampaikan oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan, M. Jamil, SH. Menurutnya Penyusununan tersebut mengacu pada surat Sekretaris Mahkamah Agung. Lebih lanjut ia menyampaikan draft Kertas kerja Anggaran mulai dari belanja Pegawai, belanja Operasional, belanja non operasional dan belanja modal.

Setelah penyampaian tersebut, para peserta rapat ikut memberikan sumbangsih saran atas kebutuhan anggaran terkait belanja modal diantaranya pengerasan halaman belakang kantor sehubungan dengan kondisi banjir yang masuk ke area halaman belakang sehingga dapat merusak penimbunan tanah yang merupakan belanja modal pada tahun 2018. Sebelum menutup Rapat Rukayah, S.Ag menyampaikan Penyusunan kebutuhan Anggaran khususnya pada belanja modal harus sejalan dengan semangat customer focus  dan peningkatan layanan sehingga masyarakat pencari keadilan yang datang pada Pengadilan Agama Sintang merasa nyaman dan sangat puas atas pelayanan yang telah diberikan. (Jamil)