Setelah melalui proses perencanaan yang matang, Pengadilan Agama Sintang sukses laksanakan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani. Acara dihadiri oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum Marchues Afen dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sintang.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sintang, UU Lukmanul Hakim, S.Ag.,SH yang juga sebagai ketua Tim dalam kata sambutannya menyampaikan tentang Komitmen Pengadilan Agama Sintang atas Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Lebih lanjut ia menyampaikan peran penting kerja sama dan kerja keras seluruh elemen untuk saling membantu untu k mewujudkan Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam sambutannya Ketua Pengadila Agama Sintang menyatakan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dilaksanakan sesuai dengan Amanat PERMENPAN RB Nomor 52 Tahun 2014.  Lebih Lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan zona integritas adalah predikat yang predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan public. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan Pencanangan Zona Integritas pada Pengadilan Agama Sintang  merupakan kesungguhan dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi disertai upaya untuk mewujudkan Wilayah bebas korupsi Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani, tentunya hal ini bukan kerja yang mudah namun bukan pula suatu yang mustahil untuk diwujudkan. Terakhir Rukaya, S.Ag menyatakan sangat mengharapakan dukungan dari seluruh aparatur Pengadilan Agama Sintang untuk memilik komitmen yang kuat, memiliki mind set atau pola pikir dan budaya kerja yang sama sehingga membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dapat tercapai dan janganlah ada diantara kita menodainya dengan perilaku yang tidak terpuji. 

 Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum Marchues Afen memulai sambutannya dengan penyampaian permohonan maaf dari Bupati Sintang dikarenakan tugas yang tidak dapat ditinggalkan sehingga tidak dapat hadir pada kegiatan kali ini.  Marchues Afen  membacakan sambutan dari Bupati Sintang yang menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang telah menetapkan telah menetapkan Visi Pembangunan untuk membangun Sintang dengan menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih Salah satu prinsip dalam tata kelola yang baik adalah akuntabilitas. Prinsip ini menuntut adanya pertanggungjawaban yang jelas dan akurat kepada publik atas setiap aktivitas yang dilakukan oleh perangkat daerah maupun lembaga lain yang mendapat alokasi APBN dan APBD. mensukseskan reformasi birokrasi yang merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik efektif dan efisien serta untuk dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan professional pada Pengadilan Agama Sintang.

Acara dilanjutkan dengan acara pokok yaitu Pembacaan Ikrar deklarasi Zona Integritas dan Penandatanganan Piagam komitmen bersama oleh seluruh hakim, Pegawai dan Honorer Pada Pengadilan Agama Sintang. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Piagam  Zona Integritas  oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang beserta wakil ketua dan saksi yaitu Pemerintah Daerah Kab. Sintang    dan unsur Forkompida Kab. Sintang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Tahunan Pengadilan Agama Sintang tahun 2018 dan dilanjutkan denga penanyangan video dengan Tema Membangun Peningkatan Pelayanan Publik Pengadilan Agama Sintang dan diakhiri dengan foto bersama. (Jamil)