31 Tahun Masih Tetap Eksis, RAT  KSP “Hikmah” Usung Pelayanan Prima

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hikmah Pengadilan Agama Sintang laksanakan Rapat Anggota Tahunan (07/05). Acara di buka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag dihadiri oleh anggota koperasi yang terdiri dari  Pegawai, Hakin dan Honorer.

Dalam kata sambutannya Rukayah, S.Ag menyampaikan Rapat Anggota Tahunan  merupakan barometer bagi sebuah koperasi dinyatakan sehat dan sebaliknya koperasi yang tidak melaksanakan RAT selama 2 Tahun termasuk kategori Koperasi yang tidak Sehat. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyatakan selama dibawah kepemimpinannya, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Hikmah” selalu melaksanakan RAT setiap tahunnya. Terakhir Rukayah, S.Ag menyoroti peran serta koperasi dalam membantu Hakim, Pegawai, dan Honorer dibidang keuangan.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Hikmah”, M. Jamil, SH menyampaikan bahwa Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Hikmah” tetap eksis selama hampir 31 tahun dan hingga kini  tetap hadir dengan visi mensejahterakan anggota.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa RAT kali ini mengusung tema peningkatan layanan prima menuju koperasi sehat, sehingga dalam   dalam menjalan usaha, koperasi di tuntut melakukan penataan yang baik dalam dua bidang yaitu Manajemen dan akuntasi.

Lebih lanjut ia menyatakan terkait bidang manajemen   Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Hikmah”  telah memilki   memiliki Standar Operasional Manajemen (SOM) dan Standard Operasional Prosedur (SOP) serta melakukan tertib admistrasi sesuai dengan amanat dari Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 15/Per/M.KUKM/IX/2015. 

Sedangkan Di bidang akuntansi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Hikmah”  mengadakan Rapat anggota tahunan sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban, dengan menyampaikan laporan Keuangan yang telah disusun berdasarkan rujukan pola Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)  bersumber dari Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 12/Per/M.KUKM/IX/2015 yang terdiri dari Neraca, Perhitungan Hasil Usaha, Laporan  Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan, Kelima Laporan tersebut dibuat dengan dilengkapi Data Dukung yang terdiri dari 13 lampiran.

 Lain halnya dengan badan Pengawaas Koperasi, sebagaimana disampaikan oleh Amin Sodik, SH.I   menyampaikan pentingnya penyampaian laporan bulanan koperasi sebagai bentuk pertanggungjawaban Pengurus kepada Pengawas secara berkala sebagai proses check dan balance.

Berdasarkan hasil penyampaiakan laporan keuangan tercatat jumlah kekayaan bersih koperasi sebesar Rp. 351.201.279. (Jamil)