Senin, 02 September 2019, Pengadilan Agama Sintang mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen Surveillance Kedua Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Bertempat di aula Pengadilan Agama Sintang, Rapat Tinjauan Manajemen merupakan tindak lanjut dari hasil assesment internal yang dilaksanakan oleh Assesor pada tanggal 04 Juli  2019.

Rapat Tinjauan Manajemen ini adalah untuk meninjau kinerja sistem manajemen mutu dan kinerja pelayanan pengadilan serta memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan dan efektifitas sistem manajemen mutu dan system pelayanan.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penjaminan Mutu (TPM) Pengadilan Agama Sintang yang sekaligus sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sintang, UU Lukmanul Hakim, S.Ag., S.H. menyatakan rapat tinjauan manajemen ini memiliki peran penting sebagai bentuk keseriusan kita dalam menindaklanjuti temuan-temuan dari assesor. Pria kelahiran ciamis ini menyatakan sebagaimana dalam kontrak kinerja bahwa para aparatur yang bertugas untuk melengkapi eviden-eviden yang menjadi temuan tersebut diberikan waktu satu minggu. Dalam rapat tinjauan manajemen ini akan dievaluasi sejauh mana eviden-eviden tersebut telah lengkap.

Dalam kesempatan ini, baik kepaniteraan dan kesekretariatan kompak menyatakan bahwa temuan-temuan assesor telah dilaksanakan 90 persen sementara sisanya akan terus dikejar karena berkaitan dengan tugas dari lintas bagian atau berhubungan dengan bagian lainnya.

Sementara itu, ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag. berharap bahwa hendaknya para aparatur tetap semangat dalam mengerjakan atau melengkapi eviden-eviden yang ada karena sejatinya APM tersebut merupakan tugas keseharian aparatur dalam memberikan pelayanan baik terhadap internal Pengadilan maupun kepada masyarakat. Oleh karena itu dia berharap Rapat Tinjauan Manajemen ini hendaknya dilaksanakan secara intens untuk mengecek sejauh mana para aparatur dalam bekerja yang tepat dan benar. Bahkan beliau menyatakan dengan adanya APM ini pekerjaan kita seharusnya lebih mudah karena sudah memiliki standar dalam bekerja.

Dalam rapat kali ini, selain mengevaluasi temuan-temuan assesor, Ketua Pengadilan Agama Sintang juga memimpin pembahasan perlombaan yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Mengenai lomba ini, Ketua memotivasi seluruh aparatur PA Sintang agar berkomitmen menjadi yang terbaik se-Kalimantan Barat. Beliau menyatakan bahwa setidaknya harus dibentuk tim khusus untuk menangani perlombaan ini. Untuk lomba yang diadakan KIP, diharapkan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pengadilan Agama Sintang dapat berperan lebih intens menangani lomba tersebut. Sementara mengenai lomba Manajemen Peradilan Agama yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Pontianak hendaknya dibentuk tim khusus menangani lomba tersebut.

Dalam rapat kali ini, ketua juga memandu langsung sesi diskusi mengenai perbaikan layanan Pengadilan Agama Sintang terhadap masyarakat.  Para peserta rapat diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran-saran untuk kemajuan layanan di  Pengadilan Agama Sintang. Banyak saran-saran yang dikemukakan di antaranya adalah penerapan aplikasi kepuasan layanan untuk memudahkan pengukuran sejauhmana kepuasan masyarakat terhadap  layanan yang diberikan. Dengan adanya aplikasi ini juga memudahkan pembuatan laporan SKM (survey kepuasan masyarakat). Menanggapi usulan ini, ibu Ketua memerintahkan Panitera dan Sekretaris untuk bekerjasama mewujudkan aplikasi tersebut demi kemajuan Pelayanan Pengadilan Agama Sintang. (Hendra)