Tim evaluasi implementasi APM Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) Mahkamah Agung RI melakukan evaluasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di PA Sintang sejak Senin (16/11/2020).Tim tersebut terdiri dari Abd. Muthalib, S.H. selaku lead Assesor, didampingi Assesor pendamping dan Anggota.

Kedatangan tim assesor tersebut disambut dengan 3 S (Senyum, Salam,Sapa) oleh Ketua dan seluruh hakim serta pegawai Pengadilan Agama Sintang dan langsung berkeliling meninjau sarana prasarana yang ada PA Sintang mulai dari ruang PTSP, Ruang Arsip hingga ruang Pegawai.

Opening Meeting evaluasi implementasi APM yang digelar di Ruang Media Center PA Sintang, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung oleh seluruh yang hadir.

Acara dimulai dengan laporan dari Ketua Tim APM, Moch. Yudha Teguh Nugroho,, S.H.I.  yang menyampaikan profil PA Sintang, serta memaparkan 7 area penjaminan mutu Before dan After (leadership, customer focus, management process, strategic planning, resources management, document system dan performance result), dan Inovasi Unggulan PA Sintang antara lain, Sikelam, Senentang, Pojok Gizi dan Sitikel.

Abd. Muthalib, S.H. Selaku Leed Assesor  dalam sambutannya menyampaikan Puji syukur atas Kesehatan yang diberikan Allah SWT sehingga ditengah pandemic Covid-19 kegiatan surveillance Implementasi APM bisa dilaksanakan, Beliau menambahkan bahwa surveillance tahun ini Tim Assesor sudah terlebih dahulu melakukan telusur dokumen dari file yang telah dikirim oleh masing masing satker. Sehingga pada saat surveillance di satker tim assesor bisa melihat sejauh apakah eviden yang di kirim sesuai dengan yang ada di lapangan atau di satker tersebut.

Dalam expose yang dilakukan, Leed Assesor menjelaskan hasil telusur Dokumen dan hasil Evaluasi Implementasi APM di PA Sintang  sangat memuaskan dengan Nilai yang Nyaris sempurna, tidak ada penurunan Nilai dari Assesment Tahun Sebelumnya.

"alhamdulillah kami sudah melakukan telusur dokumen dan evaluasi implementasi APM di PA Sintang, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, dan belum bisa dikatakan dengan persentase seratus persen (Sempurna) , namun menurut kami (Tim Assesor), Implementasi APM PA Sintang Mengalami Kemajuan, Salah satunya muncul beberapa Inovasi Sikelam dan Senentang sebuah aplikasi pesan online yang dikirim oleh para pengguna layanan ke nomor whatsapp yang telah disediakan, akan otomatis dibalas oleh sistem (auto reply whatsapp) dan layanan ini akan online selama 24 jam, Sehingga masyarakat mendapatkan informasi peradilan secara cepat, akurat dan berbiaya murah ditengah Pandemi Covid-19 Saat ini.

Ketua PA Sintang Zainul Arifin, S.Ag.  selaku Top Manajemen dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tim Assesor. "semua masukan dari Tim Assesor Eksternal akan segera kami tindak lanjuti dan kami yakin Pengadilan Agama Sintang mampu mempertahankan predikat A Excellent dalam Surveillance Ketiga APM tahun ini".

Kegiatan diakhiri dengan Serah terima Berita Acara dan kontrak kinerja antara Ketua PA Sintang dengan tim assesment eksternal.(Arf)