Pontianak | www.pta-pontianak.go.id

Sempat tertunda, akhirnya Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I. resmi dilantik menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada Kamis (17/01/2019) pagi.

Semula Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I. akan dilantik bersama dengan 2 orang Hakim Tinggi lainnya pada tanggal 27 Desember 2018 yang lalu, namun dikarenakan masih terdapat tunggakan perkara yang harus diselesaikan di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat sehingga Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I. ini harus ditunda.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi, SH.,MH mengucapkan selamat bergabung kepada Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I., Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. "Kami menyambut dengan sebaik-baiknya dan penuh ramah" katanya.

Dengan dilantiknya Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I. ini, sekarang jumlah Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak berjumlah 10 orang. Hal ini paling tidak meringankan kerja Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dalam melakukan pengawasan terhadap Pengadilan Agama agar berjalan dengan baik.

Sementara itu Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I. dalam perkenalannya mengutarakan sebenarnya beliau sudah dikenal oleh sebagian pegawai Pengadilan Tinggi Agama Pontianak karena sejak tahun 1984, beliau sudah memulai karirnya di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Pontanak hingga tahun 2005.

12 Tahun ia merantau keluar wilayah Kalimantan Barat dan akhirnya dimasa menjelang pensiun beliau bisa kembali ke kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga.

Namun dalam penyampaiannya beliau mohon bimbingan kepada Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak agar dirinya dapat bertugas dengan baik, apalagi rencananya beliau akan setiap hari pulang pergi dari rumah yang berada di Mempawah ke tempat tugas yang memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Pada acara pelantikan ini, selain disaksikan oleh seluruh pegawai Pengadilan Tinggi Agama Pontianak juga hadir Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Bahrussam Yunus, SH, MH yang merupakan mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan 3 orang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. (Roni)