Setelah sebelumnya menandatangani MOU  dengan Camat Sepauk tentang tempat pelaksanaan Sidang, Pengadilan Agama Sintang gelar perdana sidang diluar gedung di tahun 2019 (28/01).  Sebelumnya pelaksanaan sidang diluar gedung pada Pengadilan Agama Sintang di laksanakan di Kabupaten Melawi, dengan beroperasionalnya Pengadilan Agama Nanga Pinoh, Pengadilan Agama Sintang memindahkan ke dua lokasi di kabupaten Sintang yaitu di kecamatan Sepauk dan Kecamatan Kela Permai dengan intensitas persidangan sebanyak 30 kali dalam satu tahun.

Berlokasi di Kantor  desa lengkenat, aula pertemuan desa di sulap sementara menjadi ruang sidang. Menurut  Ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag menyampaikan terimakasih kepada camat sepauk dan aparatur  desa lengkenat yang telah bersedia menerima dan memfasilitasi tempat pelaksanaan Sidang diluar gedung pada Pengadilan Agama SIntang. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan bahwa sidang diluar gedung  merupakan salah satu sasaran strategis yang telah ditetap yaitu Meningkatnya Akses Peradilan bagi Masyarakat Miskin dan Terpinggirkan dengan indicator kinerja utama Persentase Perkara yang diselesaikan di luar Gedung Pengadilan dengan target 86 persen.

“ setelah persidangan selesai, salah satu seorang pihak yang berperkara di desa lengkenat menemui saya dan mengatakan pelaksanaan sidang diluar gedung  di desa lengkenat sangat membantu karena jarak waktu tempuh yang singkat  jika dibanding dengan sidang di gedung Pengadilan Agama Sintang Yang memerlukan waktu tempuh dua jam” ujar Rukayah, S.Ag.

Rukayah, S,Ag juga bercerita tentang seorang Kepala Dusun yang menyampaikan keluhan terdapat sebanyak tujuh pasangan suami istri  diwilayahnya  yang belum memiliki buku Nikah. Merespon keluhan tersebut Rukayah, S.Ag menyatakan semoga di tahun 2019 Pengadilan Agama Sintang dapat kembali menggelar Itsbat Nikah Terpadu diluar gedung seperti tahun sebelumnya.  (Jamil)