Setelah dua pekan mengikuti kegiatan diklat pimpinan di bandung, Sekretaris Pengadilan Agama Sintang, Hendra Tirtana, S.H.I.,MA memaparkan gagasan Proyek Perubahan(20/02). Pemaparan tersebut dilangsung di ruang rapat yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag dan Tim effektif  yang telah dibentuk.  Satu hari sebelum pemaparan dilangsungkan, Ketua Pengadilan Agama Sintang telah membentuk Tim Effektik  yang berfungsi untuk membantu dalam penyelesaian proyek perubahan.

Dalam kata sambutannya Rukayah, S.Ag menyampaikan sangat mengapresiasi adanya gagasan proyek perubahan yang diemban oleh yang bersangkutan dan sangat bermanfaat dalam membuka wawasan dan hal hal yang baik untuk diterapkan dalam rangka kemajuan Pengadilan Agama Sintang. “sesuai dengan kapasitas sebagai mentor dalam tim effektif yang telah dibentuk, saya siap memberikan arahan dan bimbingan dan memantau kemajuan  dalam proyek perubahan yang diusung oleh sekretaris” ujar Rukayah, S.Ag.

Dalam kesempatan selanjutnya, Hendra Tirtana, S.H.I.,MA menyampaikan tentang metode dari proyek perubahan denga  lima fase proyek perubahan; self mastery (kemampuan menggali potensi), Diagnostic reading (obeservasi), Inovasi (gagasan perubahan), Pembentukan Tim Effektif,  dan Proyek Perubahan. Lebih lanjut Hendra Tirtana, S.H.I.,MA menyampaikan setelah melakukan tahapan tersebut, ia mengambil  gagasan proyek perubahan berkenaan tentang aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) sehubungan dengan peningkatan updating sikep dalam hal promosi mutasi dan monitoring kompetensi.

 Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan suasana diskusi memberikan saran dan masukan dari Tim Effektif. Kassubbag Kepegawaian dan Ortala sekaligus admin SIKEP Pengadilan Agama Sintang, Syamsul Bahari, SH ikut memberikan penjelasan tentang mekanisme layanan pada Aplikasi SIKEP. Tidak ketinggalan anggota Tim bagian programmer dan teknologi informasi, Danang Rismanto memberikan gagasan seputar proyek perubahan dalam bidang teknolog Informasi. (Jamil)