Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2018 merupakan pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai berupa hasil analisis terhadap pengukuran kinerja atas Rencana Strategis yang telah ditetapkan pada tahun sebelumnya.

 Pada Tahun 2018 Pengadilan Agama Sintang telah menetapkan menetapkan 7 (tujuh)  sasaran strategis yang hendak dicapai. Tujuh Sasaran Strategis tersebut kemudian  di ukur dengan Target dan capaian sebanyak 25 (dua puluh lima) item yang harus diaplikasikan.

Menanggapi hasil Pengukuran Kinerja di Tahun 2018, Rukayah, S.Ag menyampaikan Berdasarkan hasil Pengukuran Kinerja yang telah  dilaksanakan menunjukan secara umum  Target Kinerja yang telah ditetapkan telah terlampaui. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan dari keselurahan sasaran Strategis nilai capaian tertinggi terdapat pada sasaran strategis pada Terwujudnya Proses Peradilan yang Pasti, Transparan dan Akuntabel sebesar 177,81 %.  “hal ini di seluruh Indikator Kinerja utama mencapai target 100 % dan factor  tingginya realisasi pada presentase Penurunan sisa perkara dengan realisasi sebesar 18,75 % dari target yang di tetapkan sebesar 3 % dengan capaian sebesar 625 %” Ujar Rukayah, S.Ag.

Rukayah, S.Ag juga menyampaikan bahwa realisasi capaian kinerja pada tahun 2018 merupakan tertinggi selama kurun waktu 3 tahun terakhir dengan mencapai 117 % jika dibandingkan dengan tahun 2017 sebesar 101,64 % dan tahun 2016 sebesar 101,19 %. Rukayah, S.Ag berharap di tahun 2019 Pengadilan Agama Sintang dapat lebih meningkatkan capaian kinerja atas Perjanjian Kinerja yang telah di tetapkan. (Jamil)