Tim HATIBINWASDA Pengadilan Tinggi Agama Pontianak gelar expose (14/03) di Aula Pengadilan Agama Sintang.  Tim yang ditunjuk  berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Nomor W14-A/405/KP.01.1/II/2019 tanggal 22 Februari 2019 ini diketuai oleh Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri yang juga menjabat sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak di damping oleh  Burhanuddin, SH (Panitera Pengganti PTA. Pontianak) dan Abd. Muthalib, S.H (kabag Umum dan Keuangan PTA. Pontianak) sebelumnya telah melakukan pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Sintang selama dua hari berturut-turut(12-13/3). Kegiatan Expose dihadiri oleh seluruh hakim, pegawa dan honorer Pengadila Agama Sintang.

Dalam kata sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sintang Rukayah, S.Ag menyampaikan bahwa Pembinaan dan Pengawasan merupakan hal sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya control dan perbaikan kinerja. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan telah berupaya optimal untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsi Pengadilan.  Rukayah, S.Ag juga menyampaikan permohonan maaf kepada Tim Hatibinwasda PTA. Pontianak jika terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak baik dari penyambutan maupun dalam proses pelaksanaan pembinaan dan Pengawasan. Sebelum menutup sambutannya, Rukayah, S,Ag mengucapkan terimakasih sebesar-besanya kepada Tim  HATIBINWASDA dan mendoakan diberikan keselamatan dan kesehatan serta bertemu kembali dengan keluarga tercinta.

Memasuki acara pokok penyampaian hasil pembinaan dan pengawasan, Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri mengajak seluruh hadirin untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan diantaranya nikmat dapat berkerja di Pengadilan Agama. Menurut  Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri bekerja di Pengadilan Agama tidak hanya berkerja untuk dunia namun juga untuk akherat karena berkerja pada Pengadilan Agama memperjuangkan hukum islam. Lebih lanjut Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri menyampaikan wujud rasa syukur tersebut yaitu dengan berkerja sebaik-baiknya. “antara bagian kepaniteraan dan kesekretariatan harus saling mengisi sehingga tugas dan fungsi pengadilan dapat berjalan baik” ujar Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri

 Selanjutnya detil penyampaian hasil pembinaan dan Pengawasan untuk bidang kepaniteraan oleh Burhanuddin, SH dengan menyampaikan bahwa hasil pembinaan dan pengawasan pada Pengadilan Agama Sintang ditemukan kesalahan yang tidak fatal dan bersifat administratif. “walaupun tidak bersifat fatal dikemudian hari tentunya hal ini harus mendapatkan perbaikan” ujar Burhanuddin, SH

Sebelum menyampaikan Hasil pembinaan dan Pengawasan untuk bidang kesekretariatan,  Abd. Muthalib, SH mengingatkan seluruh hadirin untuk segera melaporkan LHKPN dan LHKASN serta SPT pajak tahunan. Lebih lanjut Abd. Muthalib, SH mengapresiasi dengan menyatakan pada bagian kesekretariatan telah menerapkan hampir seratus persen akreditasi Penjaminan mutu sehingga temuan tidak banyak ditemukan.

Kegiatan expose diakhiri dengan penyerahan hasil pembinaan dan pegawasan secara simbolis dari       Drs. H. Khaliq M.S Damanhuri kepada   Rukayah, S.Ag dan dlanjutkkan dengan foto bersama. (Jamil)