Tim Satuan Tugas Verifikasi Reval BMN PA. Sintang melakukan verifikasi, validasi data hasil inventarisasi penilaian Kembali. Pembentukan Tim tersebut merupakan tindak lanjut  Rekomendasi BPK dalam Laporan hasil pemeriksaan atas Penilian Kembali Barang Milik Negara Tahun 2017-2018 berdasarkan surat Kementerian Keuangan RI Nomor S 44/KN/2019 tanggal 29 Januari 2019.

Proses verifikasi dan validasi tersebut dilakukan dengan melakukan pengukuran ulang pada objek-objek Revaluasi BMN yang sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2018.  Setidaknya terdapat sebelas objek Revaluasi BMN pada Pengadilan Agama Sintang yang harus di verifikasi ulang.

Dalam pelaksanaannya satu persatu anggota tim melakukan pengukuran mulai dari parkir kendaraan, pos jaga, Rumah dinas semi Permanen, gedung semi permanen, Pagar dan gedung kantor. Hasil Pengukuran selanjutnya dicatat dalam Formulir Pendataan Objek Penilaian Kembali yang mencakup data administrasi BMN, Data BMN Inventarisasi, Informasi Tanah Lokasi Bangunan, Data Penilaian, Data Pengelolaan BMN, Dokumen dan Bangunan.

Serangkaian hasil kegiatan tersebut kemudian akan di  lakukan verifikasi, validasi data oleh Tim Satuan Tugas Dari  Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dan di reviu oleh auditor pada Badan Pengawasan MA RI dalam waktu yang bersamaan yang di jadwalkan pada tanggal 24-26 April 2019 bertempat di Pengadilan Tinggi Pontianak. (jamil)