Dinas KUKM Provinsi KALBAR Nilai Kesehatan KSP HIKMAH PA. Sintang

 Sesuai dengan upaya peningkatan kualitas koperasi dan UKM yang ada di Provinsi Kalbar, Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Barat  bekerja sama dengan dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sintang mengadakan temui aksi Penilaian Kesehatan Koperasi (20/06). Kegiatan yang dilaksanakan disalah satu hotel di kabupaten Sintang tersebut di hadiri oleh Anggota Koperasi perwakilan dari tiga Kabupaten di Kalimantan Barat yaitu Kabupaten Sintang, Melawi dan Putussibau.

Acara di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Muhyiddin, M.Si dan Plt. Kepala Dinas Kabupaten Sintang, Jatmiko, S.Sos, MM. Dalam kata sambutannya mewakili Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sintang menyatakan diadakannya kegiatan Penilaian koperasi sejalan dengan agenda program 'Reformasi Total Koperasi' Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM).

Lebih lanjut ia menyampaikan penilaian kesehatan koperasi berdasarkan Indikator kesehatan kredit koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 14/PER/M.KUKM/XII/2009 tentang Pedoman Akuntansi Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi meliputi Aspek Permodalan, Aspek Kualitas Aktiva Produktif, Aspek Manajemen, Aspek Efisiensi, Aspek Likuiditas, Aspek Kemandirian dan Pertumbuhan dan Aspek Jatidiri Koperasi.

Setelah sambutan memasuki acara inti setiap perwakilan dari Koperasi mengisi lembar kerja aplikasi yang telah di sediakan lebih dari sepuluh form. Dari sekian peserta yang hadir Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hikmah diwakili oleh ketua KSP Hikmah, M. Jamil, SH  ikut dalam mekanisme penilaian Koperasi. Menurutnya KSP hikmah telah melengkapi persyaratan menuju koperasi sehat sesuai dengan 7 aspek yang telah ditetapkan baik dari bidang Akuntansi dan Manajemen diantaranya mulai dari pelaksanaan RAT tepat waktu, pola manajemen Koperasi  telah memiliki SK Pembagian tugas Pengurus, Standar Operasional Manajemen (SOM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP). (Jamil)