Pembinaan dan Pengawasan di PA. Sintang, KPTA Pontianak sampaikan materi Zona integritas dan teknis Yustisial

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H. di dampingi Panitera, Rusli, S.H., M.H, Sekretaris, Naffi, S.Ag.,MH, Kabag Umum dan Keuangan , Abd. Muttalib, S.H dan Jumadi, S.H.I. tiba di Pengadilan Agama Sintang (8/10).  Satu hari sebelumnya  Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H beserta rombongan  mengunjungi Pengadilan Agama Nanga Pinoh dalam agenda yang sama yaitu Pembinaan dan Pengawasan

Tiba di Pengadilan Agama  Sintang, Ketua Pengadilan Tinggi Agma Pontianak disambut langsung oleh ketua Pengadilan Agama Sintang, Rukayah, S.Ag, Wakil Ketua UU lukmanul Hakim, S.Ag.,SH, Panitera, Rina Dewi Sayanti, SH dan Sekretaris Hendra Tirtana, SH.I.,MA.

Setelah melihat langsung layanan PTSP Pengadilan Agama Sintang, Dokumen-dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu 2019 yang telah dan dokumen-dokumen ZI keesokan harinya diadakan Expose dan penyampaian materi tentang Pembinaan dan Pengawasan.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sintang menyampaikan selamat datang  kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H beserta rombongan. Lebih lanjut Rukayah, S.Ag menyampaikan permohonan kepada Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H untuk memberikan wejangan yang dapat memberikan motivasi sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Sebelum menyampaikan materi tentang pembinaan, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H tampak mempersilahkan dan memberikan kesempatan kepada sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Naffi, S.Ag.,MH untuk menyampaikan materi pembinaan.

Dalam peyampaiannya Naffi, S.Ag.,MH  menyeroti peran penting Website sebagai rumah lunak kiranya mampu  memberikan informasi dengan terisinya seluruhmenu pada Website. Pria Kelahiran Sekabau  1 Desember 1970 ini juga menyoroti tentang Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu dan zona Interitas menuju Wilayah bebas Korupsi dan menuju  Wilayah Birokrasi bersih dan melayani.  

Menurut Naffi, S.Ag.,MH surveilance APM diantaranya mengukur pada layanan publik, Tinjauan Manajemen dan Pelaksanaan Asesment sedangkan dalam pelaksanaan dan zona Interitas menuju Wilayah bebas Korupsi dan menuju  Wilayah Birokrasi bersih dan melayani memerlukan Komitmen pimpinan sehingga perubahan before menjadi after dapat dirasakan.

Penyampaian di lanjutkan oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Rusli, S.H., M.H menyampaikan tentang perlunya ada sebuah inovasi dalam pelaksanaan Tugas pokok dan fungsi sehingga dapat mempermudah. Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Panitera PTA Bangka Belitung ini menegaskan bahwa sebuah inovasi tidak perlu dimulai dengan suatu hal yang besar yang terpenting dapat meringkas sehingga azas sederhana, cepat dan biaya ringan dapat tercapai.

Masuki sesi terakhir Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H Menyampaikan tentang peran penting bagian Kesekretariatan sebagai supporting unit dalam tercapainya kegiatan core bussines. Lebih lanjut Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H menyampaikan azas biaya ringan tidak terwujud jika supporting unit tidak mendukung.

Secara gamblang, Pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PTA Padang ini menjelaskan tentang  zona integritas, WBK dan WBBM dengan 6 Area perubahan dan Hasil berupa survey Kepuasan Masyarakat.

Terkait teknis Yustisial Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H  menyampaikan bahwa program one day one publish dan  one minute harus benar-benar ril. Sehubungan dengan program tersebut  Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H mewanti mewanti dengan   menggunakan istilah jangan seperti hijau semangka, merah ketika dibelah.

 Pembinaan yang disampaikan oleh Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H   sangat berkesan, sesekali beliau menanyakan tentang dasar hukum terkait peristiwa hukum. Para hadirin di buat terkesima, tak kala di usia yang sudah tidak lagi muda ingatan-ingatannya begitu kuat melafazkan pasal-pasal demi pasal mulai dari undang undang, SEMA, PERMA maupun KUHPERDATA.

Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H.,M.H   sesekali mengajak untuk meningkatkan pengetahuan dengan rajin membaca. Menurut Pria yang akan memasuki masa pensiun ini dengan Pengetahuan dapat membuat seorang percaya diri dalam menyelesaikan persoalan terlebih dalam pelaksanaan tugas dan fungsi peradilan. (Jamil)