Setelah selesai mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) selama 3 bulan dengan sistem on-off kampus yang di mulai tanggal 14 Juli 2020 sampai dengan bulan 27 Oktober 2020, Kasubag Perencanaan, TI, dan Pelaporan Pengadilan Agama Sintang Mas Arif, A.Md. salah satu peserta pelatihan diklat selaku reformer pada hari  Selasa 27 Oktober 2020 melakukan ujian seminar aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan membuat inovasi Pojok Gizi (Portal Jaringan Dokumentasi Eviden ZI) yang didampingi sekretaris PA Sintang M. Jamil, S.H. Selaku  mentor dari peserta pelatihan.

Kegiatan dibuka oleh coach/moderator Ibu S.M. Devina Sanjayani, S.H,.M.M. dilanjutkan dengan presentasi oleh peserta, kemudian mentor diberi kesempatan untuk memberikan testimoni sekaligus support terhadap Rencana Aksi Perubahan tersebut. Dalam pernyataanya Sekretaris PA Sintang selaku mentor menyampaikan bahwa terciptanya Pojok Gizi ini sebagai wujud dan komitmen pembangunan Zona Integritas di PA Sintang, dimana saat ini PA Sintang dalam tahap penilaian oleh kemenpan RB. Serta sebagai terobosan keterbuakaan informasi public, Kurangnya informasi kepada masyarakat tentang komitmen pembangunan ZI pada seluruh elemen pelayanan publik PA Sintang Sehingga dengan aksi perubahan berupa Digitalisasi Eviden Zona Integritas Pada Pengadilan Agama Sintang Melalui Pojok Gizi  yang dibuat oleh Reformer (Mas Arif) diharapkan dapat memaksimalkan penanganan Eviden Zona Integritas pada PA Sintang hal ini dikarenakan harus segera membuat suatu layanan yang berbasis online di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini, Untuk memudahkan Assesor dalam melakukan Asesment secara online.

Gambar: Tampilan Pojok Gizi

Ketua Pengadilan Tinggi Makasar DR. Syahrial Sidik, S.H,.M.H. Selaku Penguji Mengapresiasi dan menyambut baik atas ide dan gagasannya dalam aksi perubahan, dimana saat ini Mahkamah Agung Sangat Komitmen tentang Pembangunan Zona Integritas, disini reformer sangat jeli dan mengapresiasi atas diangkatnya isu strategis tersebut, disaat masa pandemic Covid-19 saat ini sangat diperlukan system informasi pelayanan yang berbasis online untuk memudahkan masyarakat maupun Assesor dalam melakukan asesmen telusur dokumen.

Gambar: Ujian Implementasi Aksi Perubahan

Mas Arif, A.Md selaku Reformer menyampaikan bahwa Selain wujud keterbukaan informasi sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SK KMA No.1-144 Tahun 2011 tentang pedoman informasi di Pengadilan, dengan hadirnya Pojok Gizi  Masyarakat mengetahui komitmen Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada seluruh elemen pelayanan public pengadilan Agama Sintang. Masukan dan saran dari penguji akan segera diperbaiki dan diterapkan guna Terwujudnya Kumpulan Eviden Digital Zona Integritas Pada Pengadilan Agama Sintang melalui Pojok Gizi yang mempermudah Assesor External dalam  melakukan Assesment. (Arf