Ketua Pengadilan Agama Sintang Launching Aplikasi SITIKEL (Sistem Teknologi Informasi kebutuhan dan Keluhan) Acara ini dilaksanakan di Media Center Pengadilan Agama Sintang., Selasa (17/11/2020). Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama  PTA Pontianak Abd Muthalib, S.H. serta seluruh Hakim, Pegawai dan PPNPM.

Aplikasi tersebut merupakan wujud dari Aksi Perubahan Sekretaris Pengadilan Agama Sintang M. Jamil, S.H. dalam mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) pada Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Pemaparan dan sosialisasi tentang SITIKEL Oleh M. Jamil, S.H.  Sitikel merupakan singkatan dari Sistem Teknologi Informasi kebutuhan dan Keluhan yang merupakan Aplikasi berbasis web untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi sesuai dengan 1-144/KMA/SK/I/2011 dan Keluhan masyarakat sehubungan dengan Pelayanan yang telah di berikan dan fasilitas sarana dan Prasarana Publik. Tidak hanya masyarakat, aplikasi SITIKEL juga diperuntukan bagi aparatur PengadilanAgama Sintang terkait kebutuhan dalam penunjang tugas dan fungsi yang akan di akomordir dalam perencanaan kebutuhan dalam RKAKL dan Kebutuhan Persediaan untuk ditindak lanjuti.

 

Pegawai juga dapat menyampaikan keluhan sehubungan dengan adanya kerusakan peralatan, perangkat sarana dan prasarana kerja yang membutuhkan tindakan perbaikan.

System yang di bangun oleh sitikel sesuai dengan 1-144/KMA/SK/I/2011 menyangkut tentang prosedur biasa dimana masyarakat dapat meminta informasi secara langsung  dan akan terakses dan dijawab langsung oleh PPID serta di lakukan monitoring oleh atasan ppid/ Ketua Pengadilan Agama Sintang.  sehingga di era pandemic masyarakat dengan sangat mudah mengakses informasi tanpa harus ke Pengadilan.

 

Sedang kan keluhan masyarakat dan aparatur Pengadilan system yang dibangun oleh sitikel sesuai dengan ISO 9001:2015 ISO 9001:2015 klausul 10.2 tentang CPAR (Correction, Preventif, Action dan Request) atau layanan perbaikan. Hal ini sangat penting dalam perbaikan dan peningkatan layanan kepada masyarakat sekaligus menjamin keberlangsungan pembangunan Akreditasi Penjaminan Mutu.

Aplikasi Sitikel bisa  di akses public dengan alamat http://sitikel.pa-sintang.go.id/

Dengan demikian Pengadilan Agama Sintang selalu transparan dalam membagikan informasi yang memang sewajarnya atau bahkan wajib di ketahui publik terhadap informasi  di Pengadilan Agama Sintang.(Arf)