Pengadilan Agama Sintang mengikuti desk evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI), Rabu (18/11/2020) Pukul 13:00 WIB bertempat di Media Center PA Sintang. Pada evaluasi pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM saat ini, kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media video conference, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pemaparan materi area Zona Integritas disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang Zainul Arifin, S.Ag. yang merupakan Pembina Tim Pembangunan Zona Integritas dan didampingi oleh Wakil Ketua selaku Ketua ZI Panitera dan Sekretaris selaku Koordinator Teknikal dan Organisasi serta Seluruh Koordinator Area dan seluruh Pegawai serta PPNPM Pengadilan Agama Sintang.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Tim Penilai Nasional (TPN). Kegiatan dibuka oleh Tim Penilai Nasional (TPN)yang terdiri dari Tim Kemenpan RB RI diwakili Ibu Savina Ariani dan Ibu Renata serta Pendamping dari Mahkamah Agung RI Ibu Retno Widuri.

Dalam paparannya, Ketua PA Sintang memaparkan proses pembangunan Zona Integritas yang meliputi dokumen Komponen pengungkit dan komponen hasil, pada komponen pengungkit terdiri dari dari 6 Area yaitu: (1) Manajemen Perubahan; (2) Penataan Tatalaksana; (3) Penataan Sistem Manajemen Sumberdaya Manusia; (4) Penguatan Akuntabilitas; (5) Penguatan Pengawasan; dan (6) Peningkatan Kualitas pelayanan Publik. Sedangkan pada komponen hasil meliputi: (1) Pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN; dan (2) Kualitas Pelayanan Publik.

Dalam paparan tersebut juga dijelaskan mengenai before-after pembangunan zona integritas dan Inovasi Unggulan PA Sintang antara lain, Sikelam, Senentang, Pojok Gizi, Sitikel dan Kantin kejujuran dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Kegiatan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Intergritas di PA Sintang diakhiri dengan sesi diskusi, dimana dalam disukusi tersebut digali lebih dalam tentang Evaluasi dan Pembangunan Zona Intergitas di Pengadilan Agama Sintang mulai dari Benturan Kepentingan, kendala dan hambatan yang dihadapi, bagaimana cara penyampaian informasi kepada masyarakat dan Inovasi Unggulan PA Sintang.

Pertanyaan yang disampaikan oleh Tim Evaluator dapat dijawab dengan baik oleh Seluruh Koordinator Area dalam Desk Evaluasi tersebut. Nampak Ekspresi Tim Evaluator merasa puas dengan jawaban yang disampaikan oleh Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Sintang, Selanjutnya Hasil Diskusi Akan direkap dan disampaikan Oleh Tim Panel Kemenpan RB,” Ujar Ibu Savina Ariani selaku TPN”.

Pada Closing Statement yang di sampaikan Ketua PA Sintang “ Tanpa inovasi dan kreatifitas di era Pandemi Saat ini, kita tidak akan mampu memberikan layanan dan jawaban atas seluruh permasalahan masyarakat, Salah satunya muncul beberapa Inovasi Sikelam dan Senentang sebuah aplikasi pesan online yang dikirim oleh para pengguna layanan ke nomor whatsapp yang telah disediakan, akan otomatis dibalas oleh sistem (auto reply whatsapp) dan layanan ini akan online selama 24 jam, Sehingga masyarakat mendapatkan informasi peradilan secara cepat, akurat dan berbiaya murah ditengah Pandemi Covid-19 Saat ini.

 Dari proses pembentukan inisiasi, inovasi dan kreatifitas menambah suatu hal lagi yaitu Zona Integritas untuk menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemen PAN dan RB RI yang telah memberikan kepercayaan dan menjadi support semangat bagi kami kedepannya,” Tutupnya. (Arf)