Kamis, 14 Januari 2021, Pengadilan Agama Sintang kembali mengelar sidang keliling di kecamatan kelam Kabupaten Sintang, sidang keliling kali ini adalah sidang keliling pertama di tahun 2021 yang dilaksanakan di 3 (tiga) Lokasi dengan jumlah kegiatan sebanyak 60 kali.

Pengadilan Agama Sintang memang rutin melaksanakan Sidang diluar Gedung pengadilan (sidang keliling), pada tahun 2020 yang lalu saja Pengadilan Agama Sintang melaksanakan 30 kali sidang keliling, dan selama tahun 2020 perkara yang diputus melalui siding diluar gedung pengadilan sebanyak 55 Perkara.

Sidang diluar Gedung pengadilan memang telah dijadwal secara rutin oleh Pengadilan Agama Sintang dan tanggal 14 Januari 2021 ini adalah sidang perdana Pengadilan Agama Sintang di kecamatan kelam bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kelam Permai.

Dalam kesempatan bincang-bincang antara www.pa-sintang.go.id, dengan peserta sidang keliling berinisial MA, tergambar bahwa dirinya sangat terbantu dengan persidangan diluar Gedung tersebut, menurut MA sidang yang lalu dia harus jauh-jauh ke kota Sintang karena persidangan dilaksanakan di Kota Sintang, tapi sekarang dengan perkaranya disidangkan di sini, MA merasa sangat terbantu baik dari segi waktu biaya dan tenaga. Hal yang sama juga disampaikan oleh F dirinya merasa sangat dimudahkan dengan sidang keliling ini, karena sebagai seorang perempuan cukup mengalami kesulitan kalau harus jauh-jauh ke kota Sintang, “syukurlah dengan sidang di disinii lebih dekat”, ucapnya.

Sejalan dengan program Badilag justice for the poor, pelaksanaan sidang keliling ini adalah pilihan tepat untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya masyarakat miskin yang tinggal jauh dari ibukota kabupaten. Jarak yang jauh, akses transportasi yang sulit serta biaya yang tidak sedikit untuk mencapai lokasi sidang tentunya akan sangat menyulitkan masyarakat, namun dengan persidangan dilaksanakan di wilayah mereka tentunya akan lebih memudahkan masyarakat, sehingga program ini perlu terus dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sintang. (Arf)