Sebagai salah satu tekad dalam pemberian pelayanan hukum kepada masyarakat (justice for All), Pengadilan Agama Sintang pada Hari Minggu tanggal 04 September 2022 Pukul 06:00 wib Berangkat ke Desa Sinaning Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang , (Desa Yang Berbatasan langsung Dengan Negara Malaysia) dengan menggunakan Transportasi darat, Rombongan yang Berjumlah 8 (delapan) Orang. Mereka akan mengadakan Sidang keliling (diluar Gedung Pengadilan)  di Kecamatan Ketungau Hulu yang akan berlangsung hari senin, 05 September 2022.

Untuk diketahui Senaning adalah sebuah desa yang berada di  kecamatan Ketungau Hulu di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat,yang berbatasan langsung dengan Serawak (Malaysia Timur).

Perjalanan kesenaning memilih melintasi poros utara Kabupaten Sanggau melalui jalan yang masih berupa tanah merah. Hampir sepanjang jalan jarang kami temukan rumah penduduk, hanya hutan di kiri kanan jalan. Dari Balai Karangan Kabupaten Sanggau rombongan yang terdiri dari dua Mobil Dobel Gardan Pinjaman dari Pemda Sintang ini bergerak ke timur menuju Desa Sepiluk Kabupaten Sintang dengan jarak sekitar 63 KM dari Simpang Balaikarangan.

 

Ketika melewati jalan yang berlumpur, Tiba – tiba suara mesin meraung, Tapi itu tak berlangsung lama. Masalah lain muncul. Tiba-tiba ban belakang mobil yang dikendarai Ketua PA Sintang  H. Moch Yudha Teguh Nugroho, S.H.I.,M.E. bocor. Di saat sang driver, Danang tengah sibuk mengganti ban mobil tersebut, beberapa warga sekitar yang melihat kemudian datang.

 

Ruas jalan Senaning - Merakai dengan panjang sekitar 83 Kilometer sebagian besar masih berupa tanah merah dan kubangan lumpur. Di satu titik, bahkan sebagian kendaraan rombongan amblas, Beberapa warga yang berada di sekitar turut membantu. salah seorang warga setempat yang ikut mengikatkan tali ke bemper mobil yang ditumpangi Ketua PA Sintang untuk ditarik hingga keluar.

Lepas dari jebakan lumpur rombongan melalui jalan yang menanjak kemudian turun meliuk – liuk menuruni jurang.Sulitnya medan memang cukup menjengkelkan dan melatih kesabaran.

Pukul 17:30 WIB Rombongan baru tiba di desa Sepiluk Kecamatan Ketungau Hulu dan beristirahat sebentar , kemudian melanjutkan perjalanan ke desa Senaning Kecamatan Ketungau Hulu yang berjarak sekitar 29,9 Kilometer dari batas desa Sepiluk. Dari sana petualangan melintasi trayek berlumpur dilanjutkan. Hingga sampai desa Senaning Kecamatan Ketungau Hulu Pukul 22:00 WIB.