Sekretaris Pengadilan Agama Sintang didampingi ketiga Kepala Sub Bagian di Kesekretariatan melaksanakan pembekalan kepada mahasiswa/i peserta magang tahun 2021 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’Arif Sintang. Rabu 3 Februari 2021 di ruang Media Center PA Sintang.yang sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan mengenai perkara.

Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa/i mengenai Tupoksi Pengadilan Agama Sintang Khususnya di bagian Kesekretariatan.

Dalam sambutannya, M. Jamil, S.H. menyatakan bahwa “magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing) dan membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik.

 

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris memberikan materi tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pengadilan Agama Sintang tentang Jenis-jenis Informasi Publik sesuai dengan undang-undang keterbukaan informasi public, untuk kasubbag Perencanaan, TI dan pelaporan memberikan materi tentang Laporan Kinerja Pengadilan Agama Sintang Tahun 2020 dan Teknologi Informasi yang diterapkan di PA Sintang salah satunya SIPP, Aplikasi Sikelam (WA Auto reply) dan Portal website, Sedangkan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala memberikan materi tentang Garis Besar Tugas pokok kepegawaian dan terakhir Kasubbag umum dan keuangan diantarannya Tupoksi bagian Umum dan keuangan, mekanisme persuratan, kearsipan, Rumahtangga dan keprotokoleran.

Nampak wajah antusias terpancar dari keempat mahasiswa/I yang telah mengikuti materi pembekalan. Diharapkan Mendapatkan pengalaman serta Menambah pemahaman mahasiswa/I tentang keterampilan, Meningkatkan kedisiplinan, interaksi dalam organisasi dan budaya kerja,dan Menerapkan ilmu yang telah didapat selama pembelajaran di kampus. (arf)