Senin, 22 Maret 2021 bertempat di Ruang Aula Pengadilan Agama Sintang, empat orang mahasiswa/i Praktek Pengalaman Lapangan  STAIMA (Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’Arif Sintang) diserahkan kembali oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang kepada Dosen Pembimbing. Setelah kurang lebih satu bulan melaksanakan tugas PPL di Pengadilan Agama Sintang.

Acara tersebut di hadiri pula oleh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Agama Sintang.  Ronni Rahmani, SHI., MH. yang ditugaskan oleh Ketua Pengadilan Agama Sintang sebagai Dosen Pembimbing (Pamong) Lapangan juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa/i agar apa yang telah didapat selama proses praktek lapangan selama ini menjadi  tambahan gizi/suplemen terhadap keilmuan mereka, karena selama ini pada dasarnya mahasiswa/i lebih banyak berkutat dalam teori-teori ilmu. Harapannya bahwa mereka inilah yang akan meneruskan estafet dunia peradilan di masa-masa- yang akan datang. Dengan bermodalkan niat , doa  dan tekad yang kuat serta diiringi dengan ikhtiar dan ketekunan maka insyaallah apa yang mereka inginkan untuk menjadi bagian langsung lembaga peradilan akan tercapai.

Menurut Sispandi Perwakilan mahasiswa yang berkutat di jurusan syari’ah Prodi Al Ahwal Al Syakhshiyah ini, bahwa PPL yang ia lakukan bersama dengan teman – temannya di Pengadilan Agama Sintang memiliki kesan yang sangat berharga, selain mendapatkan ilmu baru, mereka juga bisa mengaplikasikan secara langsung teori yang telah diajarkan disekolah. Kemudian kegiatan PPL di Pengadilan Agama Sintang menjadikan mereka mengerti beberapa hal yang berkaitan dengan perkara, serta melatih diri untuk bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan umum di Pengadilan Agama Sintang.

Gambar: Keempat Mahasiswa/I STAIMA Memberi Sambutan

Selain itu, dengan adanya mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan kegiatan PPL di Pengadilan Agama Sintang, menjadi bukti bahwa Pengadilan Agama Sintang selalu memberikan kesempatan kepada kampus – kampus yang ingin mengirimkan siswanya untuk berlatih dan belajar secara langsung tentang hal-hal yang berkaitan dengan peradilan.

Gambar: Ketua PA Sintang memberikan penghargaan kepada  Mahasiswa/I STAIMA Sintang

Sambutan sekaligus menutup kegiatan PPL  disampaikan  Amin Sodik, S.H.I.,M.M. selaku Dosen Pembimbing dan Ketua Jurusan Syari’ah STAIMA. Beliau menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak PA Sintang yang dengan senang hati menerima mahasiswa STAIMA Sintang untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. “Saya selaku perwakilan kampus mengucapkan banyak terima kasih kepada PA Sintang dan bapak ibu pamong. Semoga STAIMA Sintang dengan Pengadilan Agama Sintang senantiasa bisa menjalin kerjasama yang lebih baik lagi di segala bidang,” tuturnya

Diakhir acara, Ketua Pengadilan Agama Sintang menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan peserta magang yang telah banyak membantu dalam pelaksanan teknis tugas-tugas kepaniteraan, kesektariatan dan persidangan selama satu bulan ini dan berharap agar semua pesrta tetap menjaga silaturahim dengan para pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Sintang.

Gambar: Perwakilan Dosen STAIMA Memberi cinderamata kepada PA Sintang

 

 Pada acara penutupan magang ini ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian cendera mata dari pihak STAIMA Sintang kepada Pengadilan Agama Sintang. (Rizky)