Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Sintang, Ketua, Hakim serta seluruh aparatur Pengadilan Agama Sintang mengikuti acara launching dua aplikasi Ditjen Badilag yaitu Aplikasi SIMTEPA (Sistem Informasi Manajemen Tenaga Teknis Peradilan Agama) dan Aplikasi Access Cctv Online (A.C.O). Aplikasi SIMTEPA merupakan aplikasi pendukung SIKEP Mahkamah Agung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Ditjen Badilag agar lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi dan peta pola promosi, mutasi, dan demosi tenaga teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sehingga lebih praktis, cepat, dan paperless.

Dengan SIMTEPA, Pembuatan Surat Keputusan Hasil TPM dapat selesai dalam 1 hari setelah pengumuman dan Electronic Document (E-Doc) nya sudah diunggah ke secara langsung ke SIKEP MA-RI. Serta butuh waktu 2 hari untuk pengiirman Surat Keputusan Hasil TPM melalui ekspedisi ke seluruh Pengadilan Tingkat Banding Agama di seluruh Indonesia.

Gambar: Ketua dan Aparatur PA Sintang menyaksikan via zoometing

Sedangkan Aplikasi Access CCTV Online (A.C.O) merupakan aplikasi monitoring CCTV seluruh satuan kerja di wilayah Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama yang secara terpusat dan terkoneksi satu akses A.C.O. dalam laman https://cctv.badilag.net/ Aplikasi ini bertujuan untuk transparansi Badan Peradilan demi meningkatnya kepercayaan dan kenyamanan publik terhadap jenis layanan yang diberikan Badan Peradilan Agama dan pengawasan secara berjenjang terhadap kemungkinan praktik suap, gratifikasi, dan sejenisnya yang dapat menurunkan citra dan wibawa badan peradilan. Serta monitoring disiplin pegawai dalam pelaksanaan jam kerja dan pelaksanaan apel pagi dan sore. Aplikasi ini juga mendapatkan penghargaan rekor MURI dalam kategori Lembaga Yudikatif dengan koneksi CCTV Central secara daring dalam jumlah terbanyak yaitu 4000 titik kamera.

Gambar: Ketua Mahkamah Agung RI Menerima Rekor MURI

Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi dan penghargaan kepada satuan kerja di wilayah Badan Peradilan Agama yang berprestasi dengan kategori Kinerja Triwulan Terbaik, E-Court Pengguns Lsin Terbanyak, Pengguna Gugatan Mandiri Terbanyak, Eksaminasi Terbaik, Kinerja Mediator Terbaik, 5 Besar SIPP Berturut-Turut Diatas 3-5 Bulan Tahun 2021, 5 Besar SIPP Berturut-Turut Diatas 6 Bulan Tahun 2021, 5 Besar SIPP Berturut-Turut Selama Setahun di Tahun 2021, dan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Di Lingkungan Peradilan Agama.

 Acara Launching Aplikasi dan Penyerahan Penghargaan Ditjen Badilag ini skaligus dirangkaikan dengan Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Ditjen Badilag yang dilaksanakan di Surabaya. (Arf)