Pengadilan Agama Sintang menyelenggarakan kegiatan rutin apel Senin pagi (11/07). Pada Apel Pagi ini, yang bertindak sebagai pembina apel adalah Hakim Pengadilan Agama Sintang Ronni Rahmani S.H.I., M.H. Bertepatan dengan Momen Idul Adha 1443 H, beliau menyampaikan makna Idul adha merupakan hari raya yang sangat bernilai bagi umat Islam sehingga dijadikan simbol pengorbanan yang luar biasa. Bagi umat Islam yang menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci merupakan perjalanan ibadah yang sangat bermakna baik secara amaliah maupun sosial  kemasyarakatan. Hari Raya Iduladha juga harus dimaknai sebagai pesan simbolik yang mengandung pembelajaran.

Makna Iduladha dalam kehidupan sehari-hari, yaitu meningkatkan takwa. Pengertian takwa berhubungan dengan ketaatan manusia dengan sang pencipta-Nya dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Tingkat ketakwaan seseorang bisa dilihat melalui kepeduliannya terhadap sesama. Menghormati orang tua Iduladha menjadi sebuah peristiwa untuk memaknai bagaimana Nabi Ismail patuh dan mendengarkan setiap perkataan Nabi Ibrahim selaku orangtuanya.

Itulah inti dari hari Raya Idul Adha, semangat Nabi Ibrahim berkorban demi ketaqwaannya kepada Allah SWT, patutlah kita contoh dengan baik dalam kehidupan saat ini,” ujarnya 

Pembina apel pagi juga  mengajak dan  mengimbau, khususnya Aparatur Pengadilan Agama Sintang mengikuti jejak keteladanan Nabi Ibrahim ini, Jadikan hari raya Idul Qurban ini, sebagai momentum untuk menumbuhkan motivasi dan semangat membangun dan melayi Masyarakat pencari keadilan yang lebih baik, serta memperkokoh kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT," papar Ronni.