Seluruh aparatur Pengadilan Agama Sintang mengikuti Pembinaan dan ekspose hasil pengawasan dari HATIBINWASDA PTA Pontianak di ruang Media Center, Kamis 13 Oktober 2022. Dalam pembinaanya Ketua PTA Pontianak Dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, S.H.,M.H. membahas mengenai PERMA No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim dan pegawai pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya, serta mengingatkan dalam pelayanan publik dengan menerapkan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan dalam bekerja menerapkan 5 R  (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Dalam pembinaan Beliau banyak memberikan arahan-arahan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepada Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sintang.

Ketua PTA Pontianak mengakui sengaja menyinggung kembali Perma tersebut mengingat hasil inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Badilag beberapa waktu yang lalu. Beliau mengingatkan tentang tanggungjawab ASN Pengadilan Agama Sintang dalam menjalankan tugas melayani masyarakat pencari keadilan.

Gambar: Foto Bersama dengan Aparatur PA Sintang

Beliau menambahkan bahwa Sistem peradilan elektronik adalah solusi terbaik saat ini untuk meminimalisir pertemuan fisik antar aparatur peradilan dengan masyarakat pencari keadilan, sistem peradilan elektronik sangat memudahkan bagi pencari keadilan, proses sidang lebih cepat, lebih mudah, biaya murah, dan lebih terukur penyelesaiannya. Alhmadulillah jauh sebelum adanya covid-19 di Indonesia Mahkamah Agung RI telah menerbitkan dan menerapkan PERMA No.1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik di Pengadilan.

Oleh karena itu, sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak , Hj. Sisva Yetti memerintahkan kepada semua Ketua PA dan Panitera sewilayah Kalimantan Barat untuk lebih intensif melakukan pendekatan kepada para pihak pencari keadilan untuk bersedia berperkara secara e-litigasi.

Gambar: Ketua PTA Pontianak memberikan pembinaan

 

Setelah Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, dilanjutkan monev hasil temuan Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Agama Pontianak.

Dalam sesi expose yang bertempat di Media Center Pengadilan Agama Sintang. Ketua PTA Pontianak mengingatkan untuk memperhatikan betul kinerja persidangan yang diukur melalui aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Aplikasi SIPP merupakan jendela untuk menakar standar kinerja seluruh user yang ada di Pengadilan Agama khususnya pelayanan hukum terhadap masyarakat, oleh karenanya mohon diperhatikan betul agar peringkat SIPP dapat terus ditingkatkan. Ujarnya

Di penghujung acara exposes Ketua Pengadilan Agama Sintang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Tim HATIBINWASDA  dari PTA Pontianak yang telah datang melakukan pembinan dan pengawasan di Pengadilan Agama Sintang, meskipun dilanda banjir kegiatan tetap berlangsung dan tidak ada kendala. Keluarga besar Pengadilan Agama Sintang menghaturkan mohon maaf atas kekurangan yang telah menjadi temuan dari Tim, dan kami akan segera menindaklanjutinya sesuai dengan kontrak kinerja yang telah ditandatangani. (Arf)