“Penandatangan Mou merupakan bukti kalau kita tidak bisa hidup sendiri, kita perlu orang lain terlebih untuk meningkatkan kualitas pelayanan public” tegas Ketua Pengadilan Agama Sintang, Koidin, SH.I.,MH dalam sambutannya dalam kegiatan penandatangan MOU (Memorandum of Understanding) dengan LBH Cempaka dan BSI Cabang Sintang yang dilaksanakan di Aula utama Pengadilan Agama Sintang (4/01).

Koidin, SH.,MH menyoroti  peran sentral dari LBH Cempaka dalam Proses Pelaksanaan Posbakum bagi masyarakat pencari keadilan Sesuai dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan diantaranya berupa pemberian informasi, konsultasi, atau advis hukum da bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan pembuatan Gugatan dan permohonan.  Sehinnga dalam pelaksanaanya sangat membantu masyarakat pencari keadilan, ujar Koidin, SH.,MH.

Pria yang dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Sintang pada tanggal 06 Desember 2022 ini, juga menyampaikan peran dari BSI Cabang Sintang sebagai Bank Penampung uang perkara yang terdaftar di Pengadilan Agama Sintang dan Pembayaran Gaji dan Tunjangan Sebagian Pegawai, sangat membantu dalam proses transaksi-transaksi perbankan.

“Jika dalam Pelaksanaan MOU terdapat permasalahan ataupun kendala akan kita sempurnakan bersama, walaupun tidak ada kata sempurna kita akan berupaya menuju ke esensi tersebut” Tutup Koidin, SH.,MH

Sehubungan dengan pelaksanaan MOU tersebut Ketua LBH Cempaka, Hartati, SH.MH menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama dua tahun terakhir dalam pelaksanaan Posbakum pada Pengadilan Agama Sintang.  Hartati, SH.MH Juga menyampaikan jika dalam pelaksanaan Posbakum terdapat kendala dan permasalahan, mohon bimbingan langsung dari ketua Pengadilan Agama Sintang.

Senada dengan LBH Cempaka, Branch Manager BSI cabang Sintang, Hari Santoso mengucapakan terimakasih atas menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pengadilan Agama Sintang sebagai Bank Penampung Uang Perkara maupun pelaksanaan Pembayaran Gaji dan Tunjangan Pengawai. “ BSI memasuki usia baru dua tahun sehingga masih memerlukan masukan dan saran untuk peningkatan layanan perbankan” Ujar Pria kelahiran Riau ini.

Acara dilanjutkan dengan Penandatangan MOU dengan kedua belah pihak dan ditutup dengan doa dan foto bersama. (Jamil)