Sekretaris Pengadilan Agama Sintang Abang Agus Sabli, S.H.I. menhadiri  upacara Peringatan Hari Berkabung Daerah bertempat di halaman Kantor Bupati Sintang, Jum'at (28/06/2024).  Peringatan Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2024 tersebut, mengangkat tema "Meneruskan Cita-Cita Pahlawan Adalah Bukti Kepedulianku Terhadap Bangsa Dan Negara”

Upacara peringatan Hari Berkabung Daerah Kalimantan Barat yang dilaksanakan ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos.

Untuk diketahui, sejarah pembantaian besar-besaran tokoh masyarakat dan para pejuang Kalimantan Barat oleh tentara Jepang terjadi di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak pada 28 Juni 1944 silam.

Sebanyak kurang lebih 21.037 jiwa gugur dibunuh secara masal oleh tentara Jepang pada masa itu.

 Pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Berkabung Daerah tersebut  Menindaklanjuti surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor 400.9.15.2/354/DINSOS Tanggal 10 Juni 2024 tentang Peringatan Hari Berkabung Daerah, telah diinstruksikan kepada Bupati/Walikota se Kalimantan Barat untuk melaksanakan Upacara Hari Berkabung Daerah di wilayahnya masing-masing secara serentak pada hari Jumat Tanggal 28 Juni 2024.